Kartini dan Kesehatan Reproduksi

25 tahun usia Kartini saat ia menutup matanya untuk terakhir kali. Hanya empat hari setelah melahirkan ia bisa merasakan kebahagiaan menjadi seorang ibu. Atau mungkin Kartini belum sempat merasakan kebahagiaan itu diakhir hidupnya. Muncul pertanyaan dibenak penulis kenapa Kartini meninggal dalam usia yang begitu muda dan habis melahirkan? Jangan-jangan kematian kartini berhubungan erat dengan peristiwa melahirkan yang dialaminya.
Melahirkan merupakan peristiwa reproduksi perempuan, dimana pertaruhan hidup dan mati seorang ibu ditentukan. Setelah mengandung selama 9 bulan, seorang ibu harus berjuang sekuat tenaga mengeluarkan seorang bayi yang dikandungnya. Kesehatan reproduksi tidak sekedar berkaitan dengan hamil dan melahirkan. Kesehatan reproduksi merupakan keadaan kesejahteraan fisik, mental dan social yang utuh dan bukan hanya tidak adanya penyakit atau kelemahan dalam segala hal yang berhubungan dengan system reproduksi dan fungsi serta proses-prosesnya.
Kondisi mental dan social sangat berkatan erat dengan kondisi fisik seorang perempuan dalam proses kehamilan dan melahirkan. Bila kita membaca surat kartini yang menceritakan kondisi social di jaman itu betapa kondisi social yang feodal telah merampas kebebasan dan kesehatan mental setiap individu. Sebagai contoh, Kartini sebagai anak perempuan tertua seringkali merasa tidak enak bila adik-adiknya berpapasan dengannya maka mereka harus berjalan dengan berjongkok. Tindakan berjalan jongkok merupakan symbol penghormatan dan kepatuhan kepada yang lebih tua. Dia mengakhiri semua itu dan membolehkan adik-adiknya berjalan sejajar bila berpapasan dengan Kartini.
Semua adik perempuan Kartini sudah menikah. Tinggal kartini yang belum menikah. Sudah beberapa kali ayahnya menjodohkan Kartini namun semua ditolaknya dan ia tetap berkonsentrasi mengajar para perempuan disekitar rumahnya. Sampai suatu saat usia Kartini memasuki 24 tahun, ayahnya sakit. Saat itupula seorang adipati yang beristri 3 melamar Kartini sebagai istri ke-4. Dengan terpaksa Kartini menerima lamaran itu karena khawatir dengan kesehatan ayahnya. Hanya 10 bulan pernikahan itu berlangsung karena harus dihentikan yang Kuasa dengan memanggil Kartini dipelukan-Nya.
Usia singkat kartini ini telah menorehkan tinta emas dalam sejarah bangsa Indonesia. Dimana Indonesia pernah memiliki perempuan terbaik di zamannya yang telah membaktikan dirinya untuk pendidikan terutama pendidikan perempuan. Dimana pendidikan kaum perempuan menurut Kartini bukan untuk menyaingi kaum laki-laki. Pendidikan bagi perempuan sangat besar artinya untuk kehidupan. Karena bila perempuan sudah terdidik maka dia akan mudah melaksanakan kewajibannya mendidik anggota keluarganya.
Realitas Kesehatan dan Reproduksi Perempuan di Indonesia
Saat ini bermunculan Kartini-Kartini di Indonesia. Jumlah mereka tertinggi seAsia Tenggara. Lho apa maksudnya? Ya perempuan Indonesia yang meninggal setelah melahirkan tenyata sangat tinggi. Setiap 100.000 kelahiran 307 perempuan meninggal di negri yang katanya makmur ini . Sebagai perbandingan di Singapura AKI (Angka Kematian Ibu)6/100.000 kelahiran, Malaysia 39/100.000 kelahiran, Thailand 44/100.000 kelahiran, Vietnam 160/100.000 kelahiran Filipina 170/100.000 (Kompas 21 Juni 2005). Menurut Yayasan Kesehatan Perempuan (YKP) penyebab utama AKI adalah pendarahan (46,7), eklamsia (14,5) dan infeksi.(Kompas 3 November 2003).
Hampir semua perempuan di belahan dunia tak terkecuali Indonesia menerima berbagai bentuk diskriminasi dan kekerasan yang berakibat tidak sehatnya sistem dan fungsi reproduksi mereka. Seperti dalam kasus kekerasan seksual yang terjadi dalam rumah tangga (marital rape). Banyak Istri yang mengeluh mengalami sakit di vagina mereka akibat hubungan seksual yang dipaksakan. Menurut penelitian Dr. Wimpie Pangkahila, Fakultas Kedokteran Universitas Udayana terdapat sedikitnya 17 kasus kekerasan seksual dalam pernikahan (1989-1997). Sementara yang masuk ke LBH Apik Jakarta 12 kasus (1998-2003)antara lain: suami memasukan balsam cincau kedalam vagina istri, memaksa istri melayani hubungan seksual dalam keadaan haid ataupun suami dalam keadaan mmabuk memaksa istri berhubungan seksual.
Faktor Penyebab Tingginya AKI
Beranjak pada tingginya Aki di Indonesia, penulis menyadari bahwa masalah AKI merupakan permasalahan yang sangat kompleks dan multidimensi. Semestinya masalah kesehatan reproduksi perempuan membutuhkan keterlibatan dan kepedulian banyak pihak, keluarga, masyarakat, agamawan, ahli medis, aparat hokum, maupun para pembuat kebijakan.
Setidaknya ada empat aspek yang menyebabkan tingginya AKI di Indonesia. Pertama, budaya patriarki. Budaya ini menempatkan laki-laki sebagai pihak yang sangat diuntungkan, diutamakan bahkan dilayani, atau lebih sebagai makhluk yang aktif dalam hubungan seksual. Hal ini tercermin dari pola asuh anak laki-laki yang dididik aktif dan bekerja keras. Hal itu terkait anggapan bahwa anak laki-laki akan menjadi kepala keluarga yang bertanggung jawab member nafkah keluarga.
Sedangkan perempuan diposisikan sebagai pihak yang harus melayani, berbakti dan patuh. Implikasi dan penerapan budaya ininanak perempuan senantiasa dididik untuk melayani segala kebutuhan ayah, kakak dan adik laki-laki. Mengerjakan pekerjaan rumah tangga, bersikap sabar, lemah lembut dan pasrah. Pola sasuh ini terkait dengan pelebelan bahwa anak perempuan nantinya akan menjadi ibu rumah tangga yang mendapat nafkah dari suaminya.
Karena pola asuh seperti itu yang terinternalisasi dan menjadi budaya, maka saat perempuan hidup berumah tangga, akan melakukan hal yang sama yang menurutnya merupakan kewajaran untuk dilakukan. Misalnya karena dididik untuk menghormati dan melayani suami maka dalam mengkonsumsi makanan, istri senantiasa mendahulukan suaminya. Kebiasaan ini juga terjadi saat hamil, sehingga suami mengkonsumsi makanan yang bergizi lengkap sedangkan istri hanya mengkonsumsi sisanya. Selain itu keputusan untuk memiliki anak dengan jenis kelamin tertentu atau perencanaan memiliki anak ditentukan suami. Akibatnya istri dipaksa untuk terus hamil dan melahirkan jika ketentuan jumlah anak dan jenis kelamin tertentu belum didapat.
Kedua, factor kesehatan. Hal ini ditandai dengan minimnya fasilitas kesehatan. Misalnya biaya kesehatan yang mahal, minimya tenaga medis, akses informasi atau penyuluhan kesehatan belum kasimal, minimnya puskesmas didaerah-daerah terpencil.
Ketiga, Sistem hukum dan kebijakan public yang tidak berpihak pada perempuan. Misalnya keberadaan UU no 23 tahun 1992 tentang Kesehatan pada pasal yang melarang aborsi dalam segala bentuknya. Sehingga semakin banyak aborsi illegal. AKI yang sangat tinggi ini diantaranya juga 35-50% disumbang oleh praktek aborsi yang tidak aman. (Sumber: Direktorat Bina Kesehatan Masyarakat Depkes). Diperkirakan setiap tahun terjadi 1 juta aborsi akibat kegagalan KB maupun karena tidak pakai alat KB. Selain itu factor seperti larangan laki-laki (pasangan) untuk hamil, keluarga, masyarakat, atau aturan hukum (KUHP), kurang informasi dan akses kepada layanan kesehatan, menyebabkan banyak perempuan pada kasus Kehamilan yang Tidak Diinginkan(KTD) melakukan upaya sendiri atau minta bantuan tenaga yang tidak kompeten sehingga terjadilah aborsi yang tidak aman yang kemudian mengakibatkan kematian ibu. Sesungguhnya aborsi banyak dilakukan oleh perempuan yang terikat dengan pernikahan.
Keempat pemahaman agama yang bias gender. Misalnya masih kuatnya anggapan bahwa kematian ibu akibat peproduksi adalah semata karena takdir tuhan sehingga dianggap mati syahid. Mati syahid ini termanifestasi dari hadis nabi yang menyebabkan 7 kategori mati syahid, terbunuh dalam perang fisabilillah, orang yang mati karena keracunan lambungnya, tenggelam dalam air, pinggangnya terkena virus, terkena lepra, terbakar api, tertimbun bangunan dan perempuan yang mati karena melahirkan.
Jika kita melihat konteks hadis secara detail maka yang tampak 5 unsur diatas antara penyakit dan musibah adalah factor ketidak sengajaan, atau setelah dilakukan upaya penyembuhan yang maksimal. Begitu juga dengan perang, seperti latihan perang, strategi dan persiapan fisik. Sedangkan kematian perempuan yang melahirkan disebabkan oleh hak-hak perempuan hamil yang diabaikan atau tidak dipenuhi, misalkah kurangnya asupan gizi, beban ganda (mengerjakan pekerjaan rumah tangga juga bekerja keras mencari nafkah di luar) atau secara psikologis tertekan karena pernikahan atau kehamilan. Sehingga apakah kematian yang diciptakan dengan sengaja layak disebut syahid?
230 tahun sudah Kartini meninggalkan bumi pertiwi. Namun namanya masih terus diingat oleh bangsa Indonesia. Semoga bukan cara kematian kartini yang diikuti oleh para perempuan di Indonesia, melainkan semangatnya untuk terus menjadikan kaum perempuan di negeri ini mendapatkan kondisi kehidupan yang lebih baik. AKI yang tinggi harus kita hentikan. Hal ini bisa diwujudkan mulai dari keluarga. Dengan berbagi peran seimbang antara suami, istri, anak perempuan dan anak laki-laki. Selain pembagian peran yang seimbang, juga poisis tawar istri harus diperjuangkan. Selanjutnya peningkatan pelayanan dan akses informasi kesehatan reproduksi perempuan, menciptakan peraturan hukum terutama mengamandemen UU no 23 tahun 1992 dengan pembahasan yang mengikutsertakan anggota masyarakat diharapkan akan meningkatkan kesejahteraan perempuan dan anak. Yang tak kalah penting juga melakukan reinterpretasi terhadap tafsir ayat-ayat keagamaan dengan kacamata yang lebih ramah perempuan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ingin Kembali!

Sunan Ampel dan Cardinal Virtue

Metaverse Untuk Kuliah Lapangan.